Pilkada Papua Barat dan 2 Kabupaten Digelar Serentak

Written By Sari Yana on Senin, 02 Mei 2011 | 17.17

Manokwari (Senin, 2 Mei '11 ) - Pelaksanaan pemilihan kepala daerah tingkat Provinsi Papua Barat akan dilaksanakan serentak dengan pemilihan kepala daerah dua kabupaten lain yaitu Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Tambrauw pada 29 Juni mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Provinsi Papua Barat Timotius Sraun di Manokwari, Senin (2/5/2011) menyebutkan, pilkada serentak tingkat provinsi dengan dua kabupaten itu, telah disepakati oleh berbagai pihak terkait, termasuk DPRD masing-masing.

Kesepakatan untuk menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkda) serentak itu, katanya, dicapai untuk alasan efisiensi baik dana yang bersumber dari APBD Provinsi Papua Barat, maupun APBD Maybrat dan Tambrauw.

Dua kabupaten terletak di daerah kepala burung dari Tanah Papua itu adalah daerah otonom baru yang dibentuk pada 2009 lalu. Maybrat adalah daerah pemekaran dari Kabupaten Sorong Selatan yang diatur dalam UU Nomor: 13 tahun 2008 dan Tambrauw dimekarkan dari Kabupaten Sorong yang tertuang dalam UU Nomor: 56 tahun 2008.

Pasangan calon yang bertarung memperebutkan kursi Gubernur Papua Barat 2011-2016 adalah, Brigjen TNI (Purn) Mar. Abraham O Atururi (kini Gubernur) dan Abdil Rahim Katjong (kini Wagub) yang diusung partai Golkar, Partai Demokrat, Gerindra, Hanura dan PDI Perjuangan.

Sedangkan pasangan Dominggus Mandacaan dan Origenes Nauw diusung enam parpol yang memiliki 12 kursi di DPRD Papua Barat didukung enam partai "non seat" di DPRD Papua Barat.

Dominggus Mandacaan adalah mantan Bupati Manokwari yang berkuasa dua periode 2000-2005 dan 2005-2010 sekaligus Ketua Partai Golkar Kabupaten Manokwari, sedangkan Drs Origenes Nauw adalah kader Partai Golkar Provinsi Papua dan mantan Anggota DPRD Provinsi Papua Barat periode 2004-2009 dan kini Ketua Komisi C DPRD Papua Barat periode 2009/2014.

Sedangkan bakal calon yang mengikuti Pilkada Maybrat adalah Drs Bernard Sagrim (mantan Penjabat Bupati) berpasangan dengan Drs Karel Murafer (Mantan Asisten II), Drs AGustinus Saa (Sekda) berpasangan dengan Drs Andy Antoh (Kabag Pemerintahan), Ir Michael Kambuaya (Kadis PU Kabupaten Mamberamo Raya) berpasangan dengan Joseph Bless SH (Mantan Sekretaris KPU Kabupaten Sorong Selatan) dan Drs Alberth Nakoh (Kadis Sosial Provinsi Papua Barat) dengan Drs Yakobus Sedik (Kabag Pemerintahan Kota Soronrauwg).

Seddangkan KPUD Tambrauw telah menetapkan lima pasangan bakal calon kepala daerah yakni Gerson Jitmau SH (Kabag Pengendalian Dispenda Provinsi Papua) berpasangan dengan Anthon Titit, SPd (Guru Bahasa Inggris SMU Katolik St.Agustinus Sorong).

Juga, Gabriel Asem (Kabag Keuangan Tambrauw) berpasangan dengan Yakobus Yembra(Staf Bapeda), Menase Paa (Mantan Penjabat Bupati Tambrauw) bergandeng dengan L. Hae (tokoh masyrakat), Jimmy D.Ijie (Wakil Ketua II DPRD Provinsi Papua Barat) berpasangan dengan Ny. Regina Yekwam (Staf Pemkab Tambrauw) dan Eric Mayor (Ketua Bapped Tambrauw) berpasangan Petrus Pangalila (Ketua Golkar Tambrauw).

Kelima pasangan ini dikabarkan bersaing ketat untuk merebut suara rakyat di daerah otonom yang baru dibentuk pada 2009 itu.Sumber: Berita8.com 

0 komentar:

Posting Komentar