Dua Berkas Bakal Calon Gubernur Papua Barat Bermasalah

Written By Sari Yana on Minggu, 01 Mei 2011 | 19.20

Manokwari (28/4/2011), Proses verifikasi akhir berkaslimapasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Komisi Pemilihan Umum Papua Barat belum semuanya tuntas. Dua berkas masih dibahas terkait dukungan suara dan partai politik pengusung.

Menurut anggota KPU Papua Barat, Filep Wamafma, Kamis (28/4/2011), kedua berkas itu masih dibahas keabsahan syarat administrasinya. Dengan demikian, rapat pleno untuk menetapkan pasangan bakal calon yang telah memenuhi syarat pencalonan pun molor.

“Semalam kami membahas berkas sampai pukul 02.00. Rapat pleno tetap dilakukan, tetapi malam (Kamis) ini juga. Sebab, besok, Jumat (29/4/2011), berkas itu kami serahkan kepada DPR Papua Barat,” kata Filep.

Namun, Filep enggan menyebutkan dua pasangan balon yang belum selesai dibahas. Secara resmi KPU akan memaparkan hasil verifikasi semua berkas setelah rapat pleno dan sebelum diserahkan kepada DPR Papua Barat.

Sebelumnya diketahui, ada tiga pasangan balon yang mendapat dukungan ganda dari sejumlah parpol saat mendaftar. Ketiganya pun diberi kesempatan untuk memperbaiki kekurangan syarat administrasi, di antaranya soal kurangnya suara dukungan parpol yang mengusung.

Ketiga pasangan itu adalah Yusak Wanatorey-Ismail Sirfefa, George C Auparay-Hasan Ombaier; dan Wahidin Puarada-Herman Orisoe. Dari ketiga pasangan bakal calon, diperkirakan ada dua yang dukungan suaranya kurang dari 15 persen kursi di Dewan atau suara sah dalam pemilu legislatif 2009. Sumber: Kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar