BUMN China akan Bangun Pabrik Semen US$ 200 Juta di Papua Barat

Written By Sari Yana on Minggu, 01 Mei 2011 | 19.05

Jakarta (29/4/2011) – BUMN asal China State Development and Investment Corporation (SDIC) akan berinvestasi US$ 200 juta di Indonesia. ICDC rencananya akan membangun pabrik semen di Papua Barat.
“Untuk pabrik semen nilai investasi seharusnya US$ 100 sampai 200 juta,” kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (29/4/2011).

Gita mengatakan SDIC merupakan salah satu BUMN terbesar di China yang mengelola seluruh BUMN di China. Rencananya SDIC akan melakukan studi kelayakan atau feasibiliy study terlebih dahulu setelah ada MoU dengan Indonesia.
“Itu langsung teken MoU, besok teken MoU ini terus ini juga akan digarap feasibility study untuk kepentingan pembangunan pembangkit hydro power di Papua,” katanya.

Ia menambahkan hingga kini rencana pembangunan pabrik tersebut belum bisa dipastikan. Namun Gita memperkirakan, SDIC akan memproduksi semen 1-2 juta ton semen per tahun. Gita menambahkan, BUMN asal China sengaja diarahkan untuk membangun pabrik semen di Papua karena kebutuhan di wilayah tersebut sangat mendesak. “Itu bangun butuh 2 sampai 3 tahun,” katanya. Sumber: detikfinance.com

0 komentar:

Posting Komentar