Manokwari - Mau Ujian Nasional, Siswa Belum Lancar Membaca

Written By Sari Yana on Selasa, 03 Mei 2011 | 18.09

Manokwari: Ironi dunia pendidikan tidak hanya terjadi karena gedung reot. Ironi juga menggelayut pada para siswa. Di Papua Barat, karena kekurangan buku panduan dan tenaga pengajar sejumlah siswa kelas enam sekolah dasar belum lancar membaca.

Ini terjadi di Sekolah Dasar Negeri Kernei Distrik Masni, Manokwari. Satu ruangan itu diisi hanya lima orang. Sebenarnya ada 11 siswa di dalam kelas yang merupakan gabungan dari siswa kelas lima dan kelas enam sebanyak tujuh orang. Penggabungan ini terpaksa dilakukan karena kekurangan tenaga guru.

Di antara tujuh siswa kelas enam yang akan mengikuti ujian bulan Mei ini hanya ada tiga siswa yang sudah lancar membaca. Empat lainnya belum lancar membaca. Mereka hanya mampu mengeja huruf demi huruf untuk disambungkan menjadi satu kata. Namun, ada pula yang benar-benar sama sekali tidak bisa membaca.

Menurut seorang guru, Obeth Majiwiguru, siswa kesulitan membaca karena kurang buku panduan dan tenaga guru. Meski terjadi di wilayah terpencil, kondisi ini tetap harus menjadi perhatian. Apalagi para siswa harus segera mengikuti ujian akhir sekolah yang berstandar nasional. Sumber: Metrotvnews.com

0 komentar:

Posting Komentar