Papua Barat Masuk Dalam 5 Provinsi Termiskin di Indonesia

Written By Sari Yana on Minggu, 01 Mei 2011 | 17.44

Jakarta (Kamis, 28/4) – Lima provinsi masuk dalam kategori termiskin pada 2010. Kelimanya memiliki sumber daya alam yang besar, namun pendapatan penduduknya sangat rendah.

Menko Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengungkapkan, terdapat lima provinsi yang masuk dalam kategori termiskin sepanjang 2010. “Nominalnya tidak banyak karena penduduknya sedikit yaitu Papua, Papua Barat, Gorontalo, NTT, dan Maluku,” ujarnya di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (28/4).

Adapun yang menjadi dasar penentuan kategori miskin, lanjutnya, adalah pendapatan per penduduk, akses kesehatan, akses pendidikan, sarana prasarana dan infrastruktur. “Di bawah income nasional, itu yang memprihatinkan kita. Padahal sumber sumber daya alamnya besar. Ini menjadi pekerjaan rumah kita lah,” tegasnya. Sebagai informasi, pendapatan per orang per tahun secara nasional untuk 2010 adalah US$3005.

Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Lukita Dinarsyah Tuwo menambahkan, peta provinsi dengan kategori termiskin setiap tahunnya berubah dan bukan hanya terjadi di wilayah timur saja. “Nggak (hanya wilayah timur), PDT (Pembangunan Daerah Tertinggal) kan ada 183 daerah tertingga,” ujarnya pada tempat yang sama.

Lukita menjelaskan, untuk meningkatkan kesejahteraan pada lima provinsi termiskin tersebut, pemerintah telah memasukkan dalam prioritas utama untuk pembangungan infrastruktur. “Melalui Kementerian PDT dan Kementerian PDT sendiri akan memprioritaskan yang memang paling tertinggal,” tandasnya. Sumber: inilah.com

Artikel Terkait :


Anggota Dewan tidak Jujur Terkait Deposito Dana Otsus Papua.
Otsus Papua Gagal, Pemerintah Pusat tidak Tanggap.
Gubernur Papua-Papua Barat Disebut Mirip Artis.

0 komentar:

Posting Komentar